Sabtu, 09 Juni 2012

HASIL MINI PROYEK



TUGAS MINI PROYEK PSIKOLOGI PENDIDIKAN 2011/2012
                                      
A.     TOPIK
            Peranan Motivasi dalam Mewujudkan Prestasi
B.     PENDAHULUAN

Dengan melihat banyaknya hal yang mempengaruhi pelajar , kami ingin menelusuri faktor motivasi apakah sebenarnya yang membuat mereka berusaha mencapai prestasi yang bisa diartikan biasa-biasa saja atau memang maksimal pencapaiannya. 

Alasan mengapa kami memilih topik ini adalah karena kami merasa subjek yang akan kami amati sangat dekat dengan kehidupan sebagai sesama pelajar dan mudah untuk diamati. Subjek yang akan kami amati juga mudah ditemukan dan tidak terlalu sulit untuk dipahami.  Dari pengamatan kami ini, kami juga berharap banyak bisa mengetahui motivasi apa yang paling besar mempengaruhi para pelajar terutama SMP saat ini supaya  motivasi yang paling berperan itu hendaknya bisa ditingkatkan demi kepentingan sumber daya manusia yang diinginkan nantinya, bisa menciptakan prestasi yang memang benar-benar diharapkan bisa dicapai dengan diri mereka sendiri.

Motivasi adalah aspek penting dari pengajaran dan pembelajaran. merid yang tidak memiliki motivasi tidak akan berusaha keras untuk meraih prestasi. Motivasi adalah suatu hal yang mengarahkan, memberi semangat, arah dan kegigihan perilaku. Maksudnya, perilaku yang termotivasi adalah perilaku yang penuh energi, terarah dan bertahan lama. 

        Motivasi murid dalam meraih prestasi berkaitan dengan alasan perilaku mereka dan sejauh mana perilaku mereka diberi semangat, punya arah dan tujuan serta dipertahankan lama. Terdapat empat perspektif yaitu behavioral, humanistik, kognitif, dan sosial.  

 

C.     LANDASAN TEORI
Berdasarkan topik  yang telah kami pilih, berikut ini akan dijelaskan teori yang melandasinya.
DEFENISI
Motivasi bahasa Latin MOVERE : MENGGERAKKAN.  Motivasi merupakan kegiatan yang mengakibatkan, menyalurkan dan memelihara perilaku manusia., dan merupakan suatu proses untuk mencoba mempengaruhi seseorang agar melakukan sesuatu yang dikehendaki.
Pengertian menurut beberapa tokoh:
1.      Motivasi : satu penggerak, pengarah, dan memperkuat tingkah laku
Thomas L.Good dan Jere B. Brophy,1986
2.      Motivasi sebagai bahan dalam, beroperasinya mesin Gasolin
Marx dan Tombobouch
3.      Motivasi: suatu kondisi yang menyebabkan atau menimbulkan perilaku tertentu dan memberikan arah dan ketahanan  Wlodkowski,1985
4.      Motivasi : tujuan yang ingin dicapai melalui perilaku tertentu  Cropley,1985
Content Theory
Content theory berkaitan dengan beberapa nama seperti Maslow, Mc, Gregor, Herzberg, Atkinson dan McCelland.
1. Teori Hierarki Kebutuhan, menurut Maslow didalam diri setiap manusia ada lima jenjang kebutuhan, yaitu:
- faali (fisiologis)
- Keamanan, keselamatan dan perlindungan
- Sosial, kasih sayang, rasa dimiliki
- Penghargaan, rasa hormat internal seperti harga diri, prestasi
- Aktualisasi-diri, dorongan untuk menjadi apa yang mampu ia menjadi.

2. Teori X dan Y , teori yang dikemukakan oleh Douglas McGregor yang menyatakan bahwa dua pandangan yang jelas berbeda mengenai manusia, pada dasarnya satu negative (teori X) yang mengandaikan bahwa kebutuhan order rendah mendominasi individu, dan yang lain positif (teori Y) bahwa kebutuhan order tinggi mendominasi individu.

3. Teori Motivasi – Higiene, dikemukakan oleh psikolog Frederick Herzberg, yang mengembangkan teori kepuasan yang disebut teori dua faktor tentang motivasi. Dua factor itu dinamakan factor yang membuat orang merasa tidak puas atau factor-faktor motivator iklim baik atau ekstrinsik-intrinsik tergantung dari orang yang membahas teori tersebut. Faktor-faktor dari rangkaian ini disebut pemuas atau motivator yang meliputi:
- prestasi (achievement)
- Pengakuan (recognition)
- Tanggung Jawab (responsibility)
- Kemajuan (advancement)
- Pkerjaan itu sendiri ( the work itself)
- Kemungkinan berkembang (the possibility of growth)

4. Teori kebutuhan McClelland, teori ini memfokuskan pada tiga kebutuhan:
- prestasi (achievement)
- Kekuasaan (power)
- Afiliasi (pertalian)

5. Teori Harapan – Victor Vroom, teori ini beragumen bahwa kekuatan dari suatu kecenderungan untuk bertindak dengan suatu cara tertentu bergantung pada kekuatan dari suatu pengharapan bahwa tindakan itu akan diikuti oleh suatu keluaran tertentu dan pada daya tarik dari keluaran tersebut bagi individu tersebut. Teori pengharapan mengatakan seorang karyawan dimotivasi untuk menjalankan tingkat upaya yang tinggi bila ia meyakini upaya akan menghantar ke suatu penilaian kinerja yang baik, suatu penilaian yang baik akan mendorong ganjaran-ganjaran organisasional, seperti bonus, kenaikan gaji, atau promosi dan ganjaran itu akan memuaskan tujuan pribadi karyawan tersebut.

6. Teori Keadilan, teori motivasi ini didasarkan pada asumsi bahwa orang-orang dimotivasi oleh keinginan untuk diperlakukan secara adil dalam pekerjaan, individu bekerja untuk mendapat tukaran imbalan dari organisasi
7. Reinforcement theory, teori ini tidak menggunakan konsep suatu motive atau proses motivasi. Sebaliknya teori ini menjelaskan bagaimana konsekuensi perilaku dimasa yang lalu mempengaruhi tindakan dimasa yang akan dating dalam proses pembelajaran.
D.    TUJUAN
1.      Ingin mengetahui peranan motivasi yang bagaimana yang mempengaruhi prestasi siswa
E.     ALAT DAN BAHAN
-          Alat tulis
-          Kamera
-          Reward berupa kue dan snack
-          Laptop
-          printer
F.      OBJEK SURVEY
Siswa/i XII AKUNTANSI 1 SMK N 1 MEDAN  Jl. Sindoro No.1
G.    ANALISIS DATA
Metoda yang digunakan dalam pelaksanaan proyek pendidikan terhadap peranan motivasi bagi siswa/I ini adalah metode survey yakni dengan membagikan kuesioner kepada 42 orang siswa/i.
H.    KALKULASI BIAYA
Transportasi
Rp.18.000
Reward : Snack
                 Kue
Rp. 24.000
Rp. 35.000
Fotocopy Kuesioner
Poster
Total
Rp.   5000
Rp.10.000
Rp.92.000
I.    
   JADWAL PERENCANAAN
KEGIATAN
TANGGAL,BULAN,TAHUN
Pemilihan Topik
25 April 2012
Penyusunan Pendahuluan
1 Mei 2012
Pembuatan Kuesioner
8 Mei 2012
Meminta Izin ke Sekolah
28 Mei 2012
Mengurus Surat Izin dari Kampus
29 Mei 2012
Survey
4 Juni 2012
Menganalisis Data dan Menarik Kesimpulan
6 Juni 2012
Membuat Poster
7 Juni 2012
Evaluasi Kegiatan
8 Juni 2012
Posting di Blog
9 Juni 2012
J.      LAPORAN PELAKSANAAN
            Hari, tanggal     : Senin, 4 Juni 2012
Pukul                : 08.00-11.00 WIB
Lokasi              : SMK N 1 MEDAN
Jumlah murid    : 42 orang
Mata Pelajaran             : Akuntansi
a.      Survey
Pada pelaksanaan mini proyek, kami membagikan angket kepada siswa kelas XII AKUNTANSI-1 pada tanggal 4 Juni sekitar pukul 09.30 di SMK N 1 MEDAN untuk mengetahui peranan motivasi yang bagaimana yang mempengaruhi pencapaian prestasi mereka di sekolah. Dengan keadaan kelas yang sedang istirahat kami berusaha mengumpulkan para siswa yang sedang berada di luar kelas. Kemudian kami menyuruh kelas lebih kondusif dan kami memperkenalkan diri serta memberitahukan maksud dan tujuan kami datang ke kelas mereka. Dengan antusias dan polos mereka menyambut dan menyatakan bersedia untuk bekerjasama dengan kami. Berikutnya dengan melihat kelas begitu bersemangat kami langsung membagikan kuesioner yang berisi 10 pernyataan dan dilengkapi dua pilihan yakni YA dan TIDAK, para siswa dapat menjawab dengan menyilang, melingkari ataupun mencentang jawaban yang sesuai dengan dirinya.  Mereka mengisi kuesioner dengan menunjukkan adanya keseriusan ketika membaca dan bertanya cara yang tepat untuk mengerjakannya.
Pada saat mereka mengisi kuesioner yang telah dibagikan, kami dengan perlahan membagi-bagikan per orang reward berupa snack sebagai ungkapan rasa terima kasih kami atas partisipasi dan semangat mereka. Reward bagi guru atau pegawai sekolah sebelumnya telah kami berikan sebelum memasuki ruangan kelas survey.
Setelah siap mengisi kuesioner, kami meminta kepada para siswa tersebut untuk berfoto bersama, penting adanya beberapa foto sebagai bukti dokumentasi yang akan kami laporkan kepada dosen pengampu nantinya. Setelah selesai mengambil bukti dokumentasi kami mengucapkan terima kasih dan kemudian pulang dari lokasi. 
K.    KESIMPULAN
Setelah melaksanakan survey terhadap sampel sebanyak 42 orang murid SMK N 1 MEDAN yakni survey tentang peranan motivasi yang mempengaruhi usaha mereka dalam mencapai prestasi, maka kami mendapatkan penilaian dan kesimpulan dari isi kuesioner bahwa motivasi yang mempengaruhi siswa dalam mewujudkan prestasi itu dilihat dari dua sumber yaitu ekstrinsik dan intrinsik. Walaupun mereka memiliki motivasi dari dalam diri (instrinsik) seperti keinginan sukses di masa depan, namun motivasi dari luar (ekstrinsik) seperti rasa kebanggaan atau kesenangan orang lain  atas prestasi mereka  tetap lebih besar mempengaruhi perilaku mereka dalam mewujudkan prestasi. Sebab mereka ingin diakui dan mendapat penghargaan dari orang di sekitar mereka.
L.     EVALUASI KELOMPOK
Walau banyak terhalang waktu dan tempat, banyak perdebatan pendapat dan kelelahan pikiran, kami tetap bisa menjalankan tugas Mini proyek Psikologi pendidikan ini dengan cukup berkesan.
M.  TESTIMONIAL 
1.      Kelompok
Dengan adanya Psikologi Pendidikan terutama dalam pelaksanaan Mini Proyek ini kami semakin terlatih melakukan suatu penelitian yang membuat kemampuan bersosialisasi kami berkembang dan pengetahuan, pengalaman  kami bertambah.
2.      Anggota
Ø      Susi Farida Silalahi  (111301066)
Terlibat dalam Psikologi pendidikan membuat saya semakin mengalami banyak peristiwa yang menambah wawasan termasuk dalam pelaksanaan Mini Proyek ini.  Dengan turun ke lapangan, rasa percaya diri saya bersosisalisasi dengan orang banyak semakin dibentuk dan juga melatih kemandirian dan kemampuan saya berkelompok. Menarik dan menyenangkan bisa menyelesaikan suatu hal yang berguna bagi orang melalui Mini proyek ini. 
Ø      Irvine Talenta Hasian Sitompul (111301088)
Sewaktu SMA saya pernah melakukan penelitian yang hampir sama seperti ini. Tetapi, di dalam mini proyek saya lebih banyak belajar tentang suatu penelitian.  Proyek menambah pengetahuan dan pengalaman saya tentang suatu penelitian. Dan saya tertarik untuk melakukan penelitian berikutnya.  
Ø      Lusia Fitri Ayu Pardede (111301030)
Proyek ini merupakan pengalaman pertama saya dalam hal penelitian. Saya merasa bangga dapat melakukan penelitian seperti ini. Semoga ke depannya semakin lebih baik lagi.
           



 


 






Daftar Pustaka
Santock, JohnW, 2004. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Kencana.
WWW.GOOGLE.COM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar